Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Seni & Budaya · 27 Nov 2022 06:09 WIB ·

Lestarikan Budaya Leluhur Serta Rasa Syukur, Warga Krajan Kab Semarang Sukses Gelar Merti Dusun


 Lestarikan Budaya Leluhur Serta Rasa Syukur, Warga Krajan Kab Semarang Sukses Gelar Merti Dusun Perbesar

Jateng Terkini – Kab.Semarang , Merti dusun menjadi salah satu tradisi yang senantiasa dilestarikan dan terjaga di wilayah Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

Sebagai bentuk upaya melestarikan kearifan lokal yang berbentuk adat tradisi, masyarakat Dusun Krajan Desa Bedono rutin menggelar kegiatan upacara adat Merti Dusun atau juga sering disebut Memetri Dusun.

Merti dusun sendiri merupakan upacara adat yang dilakukan masyarakat dengan cara bersih-bersih di lingkungan tempat tinggal. Selain itu, masyarakat juga menggelar pentas kesenian tradisional sebagai sarana ungkapan bersyukur atas limpahan rejeki serta sebagai sarana silaturahmi antara warga masyarakat Dusun Krajan yang terdiri dari 9 Rukun Tetangga.

“Kita melaksanakan Merti Dusun tentunya bertujuan melestarikan tradisi leluhur dan juga sebagai ungkapan rasa syukur kita atas rejeki,kerukunan dan juga keharmonisan masyarakat di Dusun Krajan ini”ungkap Wiharsono Kepala Dusun Krajan saat ditemui awak media Jatengterkini.com di lokasi acara.

Pada gelaran Merti Dusun 2022 ini digelar Pentas wayang kulit semalam suntuk yang menghadirkan dalang kondang dari Yogyakarta Ki Bambang Wiji Nugroho dengan bintang tamu Sinden Titin Thitot,kemudian pada Minggu (27/11/2022) masyarakat Dusun Krajan tumpah ruah meramaikan puncak acara yakni Jalan Santai dengan rute seputaran Dusun Krajan.

Artikel ini telah dibaca 168 kali

Baca Lainnya

Menjadi Program Prioritas Kepala Desa Baru,14 Grup Kesenian Desa Banaran Grabag Magelang di Sahkan

4 Februari 2023 - 12:45 WIB

Festival Kesenian Rakyat “Gumregahing Budaya Ambarawa”

11 September 2022 - 07:54 WIB

Maksimalkan Potensi Desa Keditan Kab Magelang, 5 Grup Kesenian Di Kukuhkan

24 Agustus 2022 - 00:46 WIB

Pamerkan Umkm dan Kesenian Kuda Lumping Pojoksari

21 Agustus 2022 - 11:13 WIB

Pemdes Ketawang Kab.Magelang Dukung Penuh Pengukuhan 7 Grup Kesenian

21 Agustus 2022 - 07:29 WIB

Festival Serabi Klasik Asik Mengenalkan Serabi Khas Ngampin

15 Agustus 2022 - 07:50 WIB

Trending di Seni & Budaya