Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

magelang · 23 Okt 2022 02:56 WIB ·

Aplikasi SIDESA Garapan PPK HMTE UNTIDAR Bantu Pengarsipan di Desa Sewukan, Dukun, Magelang


 Aplikasi SIDESA Garapan PPK HMTE UNTIDAR Bantu Pengarsipan di Desa Sewukan, Dukun, Magelang Perbesar

Jateng Terkini  –  Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar (HMTE UNTIDAR) berhasil lolos seleksi pendanaan Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa) tahun 2022.

PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan oleh perguruan tinggi yang diterapkan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Arahan dari Rheza Ari Wibowo, S.si.,M.Eng. selaku dosen pendamping tim PPK HMTE UNTIDAR, 13 mahasiswa Universitas Tidar yang diketuai oleh Afrighna Rozzaqi melaksanakan program pengembangan aplikasi sistem arsip desa dan surat menyurat bernama SIDESA pada Kantor Desa Sewukan, Dusun Wuni, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Desa Sewukan merupakan salah satu desa di Kabupaten Magelang yang berada di kaki gunung Merapi. Salah satu permasalahan di desa Sewukan yaitu masalah sistem pengarsipan desa yang masih menggunakan cara manual. Hal ini terjadi karena sistem yang ada sudah tidak dapat digunakan kembali, itu juga dialami oleh desa-desa lain yang ada di Kabupaten Magelang.

Dampaknya pemerintahan desa mengalami kendala dalam pendataan penduduknya, sehingga dalam pendataan bantuan dari pemerintah mengalami kesulitan. Dari permasalahan-permasalahan tersebut, tim PPK HMTE UNTIDAR mengusung program untuk fokus mengatasi permasalahan tersebut.

Pengembangan aplikasi SIDESA bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Sewukan, adapun fitur aplikasi SIDESA yang didesain agar pengarsipan dan proses surat menyurat di Desa Sewukan menjadi lebih mudah, lebih aman dan lebih efisien.

Jenis surat yang terdapat di aplikasi SIDESA berjumlah 36 buah jenis surat seperti surat pernyataan, surat pengantar, surat keterangan, dan lain sebagainya yang bisa diakses secara digital melalui desktop yang ada di kantor desa, sehingga memudahkan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Harapannya agar program PPK HMTE UNTIDAR 2022 bisa menjadikan Desa Sewukan menjadi semakin maju dan cakap teknologi”. Ungkap Afrighna Rozzaqi selaku Ketua tim PPK HMTE UNTIDAR.

Untuk menyukseskan program tersebut, tim PPK HMTE UNTIDAR juga menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya, dan pelatihan penggunaan aplikasi baik untuk admin desa maupun masyarakat.

“Desa Sewukan setidaknya membutuhkan sistem dokumentasi dan administrasi data. Dengan adanya program ini, saya harap bisa memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Yeyen Rifai, S.H., Kepala Desa Sewukan.

Artikel ini telah dibaca 100 kali

Baca Lainnya

Kantor Pemkot Magelang Kembali Dipasang Atribut TNI, Pelayanan Masyarakat Tetap Berjalan

4 Februari 2023 - 04:36 WIB

MPP Kota Magelang Buka Gerai Layanan SIM

3 Februari 2023 - 12:10 WIB

“Jumat Curhat” Polres Magelang Kota Dengarkan Curhatan Anggota BPD PHRI Jawa Tengah

3 Februari 2023 - 07:05 WIB

Isu Penculikan Anak, Polda Jateng Minta Masyarakat Waspada Namun Jangan Panik

3 Februari 2023 - 06:01 WIB

Bhabinkamtibmas Kedungsari Magelang Live Report bersama Radio RRI Semarang dengan Materi Door to door Class

3 Februari 2023 - 05:00 WIB

Pemkot Magelang Resmikan Proyek Pembangunan TA 2022 sekaligus Launching IKM Center

2 Februari 2023 - 09:23 WIB

Trending di magelang