Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

magelang · 7 Okt 2022 02:57 WIB ·

Bank Sampah Digital Banjarejo (RSDB) Inovasi HIMAPSI UNIMMA Bantu Kelola Sampah Warga


 Bank Sampah Digital Banjarejo (RSDB) Inovasi HIMAPSI UNIMMA Bantu Kelola Sampah Warga Perbesar

Jateng Terkini – Kegiatan Sosialisasi Rumah Sampah Digital dan penggalangan komitmen bersama perangkat desa, pengurus bank sampah juga warga dilaksanakan di Desa Banjarejo, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang pada Minggu (14/07/2022)

Sebelumnya pada 26 September 2022 Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) telah memperoleh prestasi dalam hibah progam kapasitas ormawa (PPK ORMAWA).

Tim PPK ORMAWA UNIMMA melakukan pengabdian di Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, ada dua Dusun menjadi fokus pengabdian masyarakat yaitu Dusun Ketawang dan Dusun Sembiran.

Kedua Dusun tersebut salah satunya telah memiliki fasilitas bank sampah namun akibat pandemi covid-19 sempat tidak berjalan selama dua tahun . Hal itu tersebut ditangkap oleh himpunan mahasiswa psikologi (HIMAPSI) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) yang menuangkan ide dalam progam pemberdayaan masyarakat berjudul “RSDB (Rumah Sampah Digital Banjarejo)”.

Persoalan sampah sudah menjadi masalah pemerintah dan masyarakat sejak dahulu, jumlah sampah yang dihasilkan tak terbendung hingga jutaan ton setiap tahunnya. Hal ini membuat pemerintah setempat menjadi semakin gencar dalam mengawasi pengelolaan sampah yang ada di tiap-tiap daerah di Indonesia.

Dalam penanganan sampah ini masyarakat pun ikut andil dalam melakukan pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah, dengan harapan adanya bank sampah ini produksi sampah dapat teratasi khususnya sampah rumah tangga.

Bank Sampah merupakan tempat pengumpulan sampah kering yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari sampah tersebut nantinya akan disetorkan kepada pengepul sampah ataupun dikelola oleh warga setempat menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Tujuan dan manfaat Program bank sampah yakni sebagai strategi untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih , selain itu agar masyarakat merasakan manfaat ekonomi secara langsung dari sampah yang mereka hasilkan.

Tim Program Penguatan Kapasistas Organisasi Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Magelang (PPK Ormawa Himapsi Unimma) telah merancang pengembangan Bank Sampah berbasis digital berupa sebuah website. Model Bank Sampah ini dibuat dengan domain “rsdbanjarejo.com” pada tanggal 23 September 2022.

Website Bank Sampah ini bertujuan untuk mempermudah dan juga memberikan akses yang transparan dalam pengelolaan keuangan kepada masyarakat. Tak hanya itu dalam website ini juga terdapat video edukasi terkait sampah, dan juga fitur berbelanja kebutuhan keseharian masyarakat melalui tabungan nasabah Bank Sampah yang sudah dikumpulkan.

Tim PPK Ormawa telah melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat setempat desa Banjarejo khususnya Dusun Ketawang dan Dusun Sembiran. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat dalam mempelajari website tersebut.

Tim PPK Ormawa memiliki harapan yang besar dengan adanya program ini, dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk lebih memperhatikan sampah yang ada di sekitarnya. Dengan adanya pembaharuan sistem bank sampah yang dibentuk juga dapat mempermudah masyarakat untuk bertransaksi dan memanajemen pengelolaan sampah.

Tampak masyarakat sangat antusias dalam menanggapi hal ini karena ada fitur website yang di berikan pada masyarakat yaitu penukaran mata uang tabungan sampah yang bisa di tukarkan menjadi sembako yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Program para mahasiswa sangat bagus untuk diaplikasikan kepada masyarakat, mudah – mudahan hal ini bisa memicu semangat masyarakat untuk berkontribusi pada Bank Sampah Desa Banjarejo”. – Kepala Desa Banjarejo, Muh Heri, S.H.

Artikel ini telah dibaca 80 kali

Baca Lainnya

Kantor Pemkot Magelang Kembali Dipasang Atribut TNI, Pelayanan Masyarakat Tetap Berjalan

4 Februari 2023 - 04:36 WIB

MPP Kota Magelang Buka Gerai Layanan SIM

3 Februari 2023 - 12:10 WIB

“Jumat Curhat” Polres Magelang Kota Dengarkan Curhatan Anggota BPD PHRI Jawa Tengah

3 Februari 2023 - 07:05 WIB

Isu Penculikan Anak, Polda Jateng Minta Masyarakat Waspada Namun Jangan Panik

3 Februari 2023 - 06:01 WIB

Bhabinkamtibmas Kedungsari Magelang Live Report bersama Radio RRI Semarang dengan Materi Door to door Class

3 Februari 2023 - 05:00 WIB

Pemkot Magelang Resmikan Proyek Pembangunan TA 2022 sekaligus Launching IKM Center

2 Februari 2023 - 09:23 WIB

Trending di magelang