Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Seni & Budaya · 15 Jun 2022 22:03 WIB ·

Sanggar Seni Tunas Muda Sumurarum, Grabag Terus Berkembang Ikuti Selera Masyarakat


 Sanggar Seni Tunas Muda Sumurarum, Grabag Terus Berkembang Ikuti Selera Masyarakat Perbesar

Jateng Terkini – Kubro Siswo adalah tarian dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.Tarian ini berlatar belakang penyebaran agama Islam di Pulau Jawa dan perjuangan melawan penjajahan. Kubro artinya besar dan Siswo artinya murid, mempunyai arti murid-murid yang memiliki pengabdian besar terhadap Tuhan.

Tarian ini ditampilkan secara massal. Kesenian ini juga diiringi dengan lagu qasidah yang liriknya diganti dengan pesan-pesan dakwah dalam Bahasa Jawa dengan harapan mampu meluaskan penyebaran Agama Islam. Musik pengiringnya antara lain: Kendang, Bende, Drum, Bedhug, Ketiplak, dan Markis.

Sanggar Seni Tunas Muda Dusun Semarum Desa Sumurarum Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang adalah salah satu sanggar seni yang konsisten melestarikan seni Kubro Siswo ini sejak dibentuk pada kisaran Tahun 1979 hingga saat ini.

Dengan jumlah personel 120 orang yang berasal dari Dusun Semarum para anggota didukung masyarakat bahu membahu terus mengembangkan sanggar seni ini dengan segala tantangan dan dinamikanya.

Di era milenial sekarang Sanggar Seni Tunas Muda juga semakin berkembang menyesuaikan selera masyarakat dan penikmat seni.

“Selain kubro klasik kita juga mempunyai grup Topeng Ireng, Warokan dan juga yang terbaru adalah Brondut Tunas Mudo yang di isi oleh generasi muda Dusun Semarum, dengan harapan besar kami generasi muda mencintai sekaligus nguri uri budaya asli Magelang” tutur Taryono Ketua Sanggar Seni Tunas Muda saat ditemui awak media Jateng Terkini di sela sela acara peresmian dan pengesahan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Dalam acara tersebut ditampilkan semua jenis tarian yang sekaligus juga dinilai dan diberikan pembinaan langsung oleh Bapaky Agus Merapi.(Azh)

Artikel ini telah dibaca 732 kali

Baca Lainnya

Festival Kesenian Rakyat “Gumregahing Budaya Ambarawa”

11 September 2022 - 07:54 WIB

Maksimalkan Potensi Desa Keditan Kab Magelang, 5 Grup Kesenian Di Kukuhkan

24 Agustus 2022 - 00:46 WIB

Pamerkan Umkm dan Kesenian Kuda Lumping Pojoksari

21 Agustus 2022 - 11:13 WIB

Pemdes Ketawang Kab.Magelang Dukung Penuh Pengukuhan 7 Grup Kesenian

21 Agustus 2022 - 07:29 WIB

Festival Serabi Klasik Asik Mengenalkan Serabi Khas Ngampin

15 Agustus 2022 - 07:50 WIB

Parade Seni & Budaya Grabag 2022 Sukses Hadirkan 40 Grup Kesenian Dan 10 Panggung

14 Agustus 2022 - 15:42 WIB

Trending di Seni & Budaya