Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

magelang · 30 Apr 2022 06:19 WIB ·

Pramuka Terus Mengabdi Untuk Masyarakat,Melayani Masyarakat Jelang Lebaran


 Pramuka Terus Mengabdi Untuk Masyarakat,Melayani Masyarakat Jelang Lebaran Perbesar

JatengTerkini – Kab Magelang , Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7–10 tahun), Pramuka Penggalang (11–15 tahun), Pramuka Penegak (16–20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Dan dalam implementasi dalam masyarakat tentunya pengabdian bisa dalam bentuk yang berbeda dan bersinergi dengan elemen masyarakat yang lain.

Seperti yang dilakukan oleh Kwartir Ranting Kecamatan Grabag dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 2022 ini,Pramuka melebur dengan relawan lain melayani masyarakat di Kecamatan Grabag.(azh)

Artikel ini telah dibaca 106 kali

Baca Lainnya

Pembunuhan Sekeluarga di Mertoyudan, Anak Kedua Akui Beri Racun

28 November 2022 - 12:33 WIB

Sambut HUT PGRI 77 & HUT KORPRI 51 ,Camat Grabag Gelar Jalan Sehat

24 November 2022 - 11:43 WIB

Aplikasi SIDESA Garapan PPK HMTE UNTIDAR Bantu Pengarsipan di Desa Sewukan, Dukun, Magelang

23 Oktober 2022 - 02:56 WIB

Sukses Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif 2022, Bawaslu Lahirkan Kader Militan Jawa Tengah

12 Oktober 2022 - 02:40 WIB

Bank Sampah Digital Banjarejo (RSDB) Inovasi HIMAPSI UNIMMA Bantu Kelola Sampah Warga

7 Oktober 2022 - 02:57 WIB

Ratusan Peserta Se-Jawa Tengah Berebut Gengsi Di Festival Burung Berkicau Piala Camat Grabag #1

6 Oktober 2022 - 13:36 WIB

Trending di Komunitas