Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Nasional · 13 Mar 2022 16:43 WIB ·

Launching Java Tantara Di Pasar Papringan Lonceng Kebangkitan Wisata Jawa Tengah

Jateng Terkini – Bupati HM Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo bersama Menprekraf Sandiaga Salahudin Uno hadir di Pasar Papringan, Dusun Ngadiprono, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Minggu (13/3/2022).

Dalam acara bertajuk ‘Tentrem Ati Diskusi Desa Lestari ini juga dihadiri Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Kepala Disporapar Jateng Sinoeng Nugroho Racmadi, para kepala dinas pariwisata sejumlah kabupaten penyangga Borobudur antara lain Kulon Progo, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Bantul, Banjarnegara, Tegal, Pekalongan, Kendal, Batang, Semarang. Pada kesempatan tersebut sekaligus juga dikukuhkan ‘Java Tantara’ yang merupakan akronim dari kawasan penyangga Borobudur, yakni Jawa bagian selatan, tengah dan utara.

Melalui ‘Java Tantara’ akan dibuat tiga event besar di masing-masing wilayah tersebut seperti ‘Mountain Festival’, ‘Deandels Run’, ‘Rally Truck Festival’.

Bupati HM Al Khadziq, mengapresiasi ditandanganinya kerjasama pengembangan pariwisata antar kabupaten penyangga di sekitar kawasan super prioritas Candi Borobudur.

Pemkab Temanggung siap mendukung program pemerintah pusat, khususnya untuk menciptakan destinasi-destinasi super prioritas di Borobudur, terlebih kabupaten sekitar punya potensi pariwisata yang tidak kalah menarik. Temanggung sendiri kaya akan kreativitas, bisa mendukung pengembangan industri pariwisata Borobudur, di sini ada kelompok kesenian lebih dari 1.500 terdiri dari kuda lumping, warok, kubra siswa, wayang, ketoprak dan lain sebagainya.

“Jika Magelang punya destinasi bernama Borobudur yang menjadi salah satu keajaiban dunia, Wonosobo punya Dieng yang terkenal di seluruh dunia, Temanggung punya destinasi kreatif.

Kabupaten Temanggung tentu harus siap menyambut kesempatan setelah Borobudur menjadi kawasan super prioritas, sehingga akan mengkonsolidasikan semua sumber daya yang dimiliki. Baik itu berupa kebijakan pemerintah, sumber daya sosial, sumber daya kultural, dan juga sumber daya alam. Salah satu kekayaan Kabupaten Temanggung adalah kekayaan di bidang kreativitas masyarakatnya, di bidang seni budaya, di bidang industri kreatif dipadukan dengan potensi keindahan alam.

Salah satu contohnya model yang dikembangkan Pasar Papringan, maka model pengembangan desa wisata akan terus dilakukan dengan mencari tematik-tematik baru seperti Pasar Papringan. Kalau Temanggung punya 10 titik tematik seperti Pasar Papringan ini tentu nanti kunjungan akan semakin banyak sehingga para wisatawan dari Borobudur bisa ke Temanggung juga mendapatkan destinasi bermutu dan berkualitas,” kata Bupati.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan, Temanggung berhasil menghasilkan destinasi wisata (Pasar Papringan) yang memiliki keunikan bisa menjadi inovasi, inspirasi, tatanan wisata baru. Rumpun bambu di Temanggung disulap menjadi destinasi wisata yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Temanggung ini bisa menjadi episentrum dari event-event yang akan diselenggarakan berkaitan dengan kebangkitan dari ekonomi.

Artikel ini telah dibaca 275 kali

Baca Lainnya

Video : Banjir Melanda Wanasari Brebes, Akibat Curah Hujan Tinggi

19 November 2022 - 08:14 WIB

Polda Bali Himbau Aksi Demonstrasi Ditunda Setelah Presidensi G20

11 November 2022 - 12:09 WIB

Diduga Depresi Relawan Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

7 November 2022 - 02:51 WIB

Panggung Mewah Spektakuler Dalam Acara Kabupaten Semarang Expo 2022 Dengan Ulang Tahun MNCTV

13 Oktober 2022 - 04:42 WIB

Semarak HUT RI ke 77 Gunung Andong Via Pendem Kibarkan Bendera Raksasa Di Puncak

17 Agustus 2022 - 16:28 WIB

Tradisi Malam Tirakatan Di Dusun Krajan Kab.Semarang Berlangsung Khidmat Dan Unik

16 Agustus 2022 - 23:38 WIB

Trending di Nasional