Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Berita · 29 Des 2020 05:16 WIB ·

Sekda DIY: Tugu, Malioboro,Titik Nol Yogyakarta Lockdown Saat Tahun Baru


 Sekda DIY: Tugu, Malioboro,Titik Nol Yogyakarta Lockdown Saat Tahun Baru Perbesar

Yogyakarta, Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji mempersilahkan Pemkot Yogyakarta untuk memberlakukan kebijakan lockdown terbatas di beberapa lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan di malam tahun baru.

Ia menambahkan, jika memang belajar pengalaman tahun lalu, dan untuk mencegah kerumunan secara prinsip pemerintah DIY tidak akan melarang.
“Kalau teman-teman di Kota menerapkan itu, Provinsi tidak akan berbeda. Karena itu kan wilayahnya kota,” pungkasnya.

Terpisah, kalangan legislatif memberi rekomendasi pada Pemkot Yogyakarta, untuk menerapkan lockdown total di sepanjang Tugu Pal Putih hingga Titik Nol Kilometer, saat malam tahun baru mendatang.Hal itu, sebagai antisipasi sebaran Covid-19 di wilayah Kota Pelajar.

Ketua Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto menandaskan, selaras dengan usulannya, lockdown itu, hanya diterapkan pada 31 Desember pukul 18.00, hingga 1 Januari pukul 06.00, dan mencakup kawasan Malioboro tentunya.

Foto: sukabangetmoto

Ia menilai, saat situasi malam tahun baru nanti tidak mampu terkendali, maka lonjakan kasus besar kemungkinan makin menjadi.”Lagi pula, fasilitas kesehatan kita kan sangat terbatas, serta tidak siap ketika itu ada ledakan. Kita lihat, sekarang ini, yang terpapar sudah sangat banyak,” ujarnya.

“Kalau serius, itu pasti bisa. Jumlah personel Satpol PP, kepolisian dan militer, sangat memungkinkan. Bisa diturunkan bersamaan semua. Ketika diterapkan, itu bisa mencegah terjadinya klaster baru di Kota Yogyakarta,” katanya.

Langkah lockdown tersebut tidak akan melumpuhkan perekonomian di kawasan Malioboro. Sebab, penutupannya hanya selama 12 jam saja, sehingga para pelaku usaha tetap bisa beraktivitas normal pada 1 Januari 2020, selepas pukul 06.00.

“Hanya satu hari saja. Bahkan, 12 jam. Saya yakin, itu lebih baik. Tidak akan berpengaruh banyak dalam perekonomian, ini kan demi kebaikan bersama. Warga setempat juga tetap diberi akses agar tak terganggu,” jelasnya

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rumah Berbagi Berikan Pembekalan Ketrampilan Memasak Kepada Masyarakat

10 Januari 2023 - 03:10 WIB

Dengar Keluhan Masyarakat, Polsek Bawen Gelar Jumat Curhat

30 Desember 2022 - 15:17 WIB

Dies Natalis 40 SMA N 1 Ambarawa Hadirkan Roy Jeconiah Ex Boomerang

12 Desember 2022 - 16:34 WIB

Pembunuhan Sekeluarga di Mertoyudan, Anak Kedua Akui Beri Racun

28 November 2022 - 12:33 WIB

Ratusan Warga Binaan Permasyarakatan Lapas Kelas II Ambarawa, Peringati Maulid Nabi Muhammad

11 Oktober 2022 - 12:22 WIB

Penandatanganan Kerjasama Lapas Kelas IIA Ambarawa Dengan Aparat Penegak Hukum Kabupaten Semarang

11 Oktober 2022 - 01:33 WIB

Trending di Berita