Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Berita · 29 Nov 2020 13:37 WIB ·

Pemberdayaan UMKM wilayah Bandongan oleh Mahasiswa UNIMMA yang bekerjasama dengan Lazismu


 Pemberdayaan UMKM wilayah Bandongan oleh Mahasiswa UNIMMA yang bekerjasama dengan Lazismu Perbesar

Magelangnews.com – Magelang, Desa Bandongan adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jumlah penduduk Kecamatan Bandongan sebesar 57.103 jiwa (BPS 2015) dan memiliki luas wilayah 45,79 km2. Sebagian besar penduduk desa Bandongan bermata pencaharian sebagai buruh harian lepas, karyawan swasta, wiraswasta, buruh perikanan, pedagang, petani/perkebunan, dan juga beberapa orang yang mendirikan UMKM. Jumlah UMKM di Wilayah Bandongan sebesar 1.931.

Untuk UMKM di wilayah Bandongan sendiri masih memiliki banyak kendala. Sebagian besar pelaku UMKM di Bandongan masih melakukan perdagangan secara tradisional. Permasalahan yang dialami oleh UMKM di Kecamatan Bandongan antara lain biaya produksi dan pemasaran barang dan jasanya.

Lazismu Kecamatan Bandongan yang merupakan salah satu lembaga pengelola dana ZISWAF merintis program Small Activity to Promote Little Farmer and UMKM yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM yang ada di wilayah  Kecamatan Bandongan dari berbagai aspek. Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang bekerja sama dengan Lazismu melakukan program kegiatan yaitu Pemberdayaan Umkm Desa Bandongan Melalui Pembuatan Web Design. Kegiatan PPMT ini diketuai oleh Maimunah, S.Si.,M.Kom dan beranggotakan 5 orang mahasiswa yaitu Iqbal Farhan Ikhsan, Naufal Ammar Zada, Maulina Rizky Anggraeni, Aulia Maharani Hermantyo, dan Annisa Ari Azzahra.

Kegiatan PPMT ini dilaksanakan sejak awal bulan September 2020 meliputi kegiatan pendataan UMKM di wilayah Bandongan, pemetaan dan penyusunan profil UMKM, pelatihan dan pendampingan UMKM serta pembuatan Web Design. Melalui kegiatan PPMT ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM mengembangan usahanya terutama dalam bidang pemasaran.

Oleh: Iqbal Farhan Ikhsan

TENTANG PENULIS

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Rumah Berbagi Berikan Pembekalan Ketrampilan Memasak Kepada Masyarakat

10 Januari 2023 - 03:10 WIB

Dengar Keluhan Masyarakat, Polsek Bawen Gelar Jumat Curhat

30 Desember 2022 - 15:17 WIB

Dies Natalis 40 SMA N 1 Ambarawa Hadirkan Roy Jeconiah Ex Boomerang

12 Desember 2022 - 16:34 WIB

Pembunuhan Sekeluarga di Mertoyudan, Anak Kedua Akui Beri Racun

28 November 2022 - 12:33 WIB

Ratusan Warga Binaan Permasyarakatan Lapas Kelas II Ambarawa, Peringati Maulid Nabi Muhammad

11 Oktober 2022 - 12:22 WIB

Penandatanganan Kerjasama Lapas Kelas IIA Ambarawa Dengan Aparat Penegak Hukum Kabupaten Semarang

11 Oktober 2022 - 01:33 WIB

Trending di Berita