Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Berita · 18 Nov 2020 03:00 WIB ·

PPMT UNIMMA Dampingi Guru SD Muhammadiyah Sirojuddin Menyusun Worksheet


 PPMT UNIMMA Dampingi Guru SD Muhammadiyah Sirojuddin Menyusun Worksheet Perbesar

Magelangnews.com – Wabah Covid-19 melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020. Hal ini menyebabkan pemerintah memberikan kebijakan untuk bekerja dan belajar dari rumah. Kegiatan yang dilakukan dari rumah memerlukan kesabaran dan ketelatenan dari pihak keluarga, guru, dan sekolah. Sudah 7 bulan siswa belajar dari rumah, pembelajaran diberikan dengan menggunakan media online namun tetap memiliki kendala yang sering dirasakan. Siswa semakin lama semakin bosan dan jenuh dengan pembelajaran online.

Tim PPMT memiliki sebuah solusi untuk mengurangi rasa bosan dan jenuh siswa pada saat pembelajaran di rumah. Solusi yang diberikan tim PPMT yaitu penggunaan modul pembelajaran berbasis rumah. Modul berbasis rumah disusun guna memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pendampingan dari orang tua, siswa diajak untuk mengeksplore benda dan lingkungan di sekitar rumah, dan meningkatkan kreativitas siswa selama di rumah.

Solusi yang diberikan tim PPMT dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 November 2020 pukul 08.30-10.00 di SD Muhammadiyah Sirojuddin. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan pendampingan dalam pembuatan modul berbasis rumah dilaksanakan di ruang kelas 4B SD Muhammadiyah Sirojuddin. Penyusunan modul berbasis rumah dibuat untuk memberikan inovasi pembelajaran yang didalamnya mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa terutama siswa kelas 4.

Penyusunan dan pendampingan pembuatan modul dilakukan oleh tim PPMT yang dilakukan bersama dengan guru kelas 4. Guru kelas 4 di SD Muhammadiyah Sirojuddin terdapat Jumlah peserta dalam pendampingan penyusunan atau pembuatan modul berjumlah 3 guru kelas 4.

Tim PPMT dalam mempersiapkan dan membantu guru dalam pendampingan penyusunan modul dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah yang dilakukan tim PPMT antara lain, pengenalan modul berbasis rumah kepada guru, memberikan materi mengenai penyusunan modul, diskusi bersama guru untuk menentukan materi modul yang akan digunakan, dan memberikan pendampingan dari tim PPMT dalam penyusunan modul.

(ppmt)

Oleh: PPMT SD MUHAMMADIYAH SIROJUDDIN (MODUL)

TENTANG PENULIS

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Rumah Berbagi Berikan Pembekalan Ketrampilan Memasak Kepada Masyarakat

10 Januari 2023 - 03:10 WIB

Dengar Keluhan Masyarakat, Polsek Bawen Gelar Jumat Curhat

30 Desember 2022 - 15:17 WIB

Dies Natalis 40 SMA N 1 Ambarawa Hadirkan Roy Jeconiah Ex Boomerang

12 Desember 2022 - 16:34 WIB

Pembunuhan Sekeluarga di Mertoyudan, Anak Kedua Akui Beri Racun

28 November 2022 - 12:33 WIB

Mobil Listrik Ini Mampu Menanjak Hingga Ketep Pass Magelang

1 November 2022 - 06:10 WIB

Ratusan Warga Binaan Permasyarakatan Lapas Kelas II Ambarawa, Peringati Maulid Nabi Muhammad

11 Oktober 2022 - 12:22 WIB

Trending di Berita