Menu

Mode Gelap
Denny Caknan Sukses Goyang Ribuan Penonton di Ambarawa Ambarawa Kembali Gelar Operasi Yustisi, Ingatkan Warga Disiplin Prokes Bupati Kab. Magelang Support Media Independen di Magelang Jawa Utara & Jawa Selatan Termasuk 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa Pantai Tall Wolu Paling Adem dan Sejuk

Berita · 15 Nov 2020 06:58 WIB ·

Manfaatkan Barang Bekas, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas


 Manfaatkan Barang Bekas, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Perbesar

Magelangnews.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN-RDR) ke 75 UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam kelompok 128 mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan kerajinan tangan berupa vas bunga dengan memanfaatkan sampah plastik kepada ibu-ibu PKK dan anak-anak Dusun Junjungan, Kabupaten Magelang, Minggu (15/11/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan keterampilan dasar pemanfaatan sampah non organik terutama sampah plastik kepada warga setempat.

“Kegiatan ini dilakukan agar warga menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memiliki keterampilan mengolah kembali sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna maupun nilai ekonomi yang tinggi” ujar Asiqoh salah satu mahasiswa KKN UIN walisongo.

Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar banyaknya sampah terutama gelas plastik sisa minuman ringan yang biasa dibeli anak-anak. Karena jumlahnya yang banyak dan tidak dimanfaatkan dengan baik, sampah tersebut semakin menumpuk dan mencemari lingkungan warga.

Salah satu peserta, Uswatun khasanah mengaku senang dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini “Kegiatan dan ilmu yang diberikan sangat bermanfaat, sampah yang biasanya hanya dibuang atau dibakar ternyata bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang catik. Vas bunganya bisa digunakan untuk mendekor rumah atau dijual,”tutur anggota PKK tersebut.

Kegiatan ini berlangsung di rumah salah satu anggota PKK. Selain pelatihan pembuatan kerajinan berupa vas bunga, dalam pelatihan ini juga diajarkan bagaimana berjualan hasil kerajinan secara online melalui platform media sosial seperti facebook dan whatsapp Jadi, selain untuk menghias rumah, vas bunga yang dibuat juga dapat dipasarkan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga lebih peka terhadap kebersihan lingkungan dengan mengolah kembali sampah yang ada secara kreatif dan ulet. Kemudian memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memasarkan hasil kreasinya tersebut.

Oleh: Afidatun Nur'aini

TENTANG PENULIS

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Rumah Berbagi Berikan Pembekalan Ketrampilan Memasak Kepada Masyarakat

10 Januari 2023 - 03:10 WIB

Dengar Keluhan Masyarakat, Polsek Bawen Gelar Jumat Curhat

30 Desember 2022 - 15:17 WIB

Dies Natalis 40 SMA N 1 Ambarawa Hadirkan Roy Jeconiah Ex Boomerang

12 Desember 2022 - 16:34 WIB

Pembunuhan Sekeluarga di Mertoyudan, Anak Kedua Akui Beri Racun

28 November 2022 - 12:33 WIB

Ratusan Warga Binaan Permasyarakatan Lapas Kelas II Ambarawa, Peringati Maulid Nabi Muhammad

11 Oktober 2022 - 12:22 WIB

Penandatanganan Kerjasama Lapas Kelas IIA Ambarawa Dengan Aparat Penegak Hukum Kabupaten Semarang

11 Oktober 2022 - 01:33 WIB

Trending di Berita